Rabu, 12 Maret 2014

Teknologi dan Pendidikan



Teknologi dan Pendidikan

Saat ini, teknologi sangat mempengaruhi pendidikan. Begitu juga sebaliknya, pendidikan sangat memerlukan teknologi. Jadi pada intinya, antara teknologi dan pendidikan terdapat hubungan timbal balik dan saling menguntungkan.


Revolusi Teknologi

Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Pada masa sekarang, orang-orang menggunakan komputer, bolpoin, surat dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap positif.

Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban.

Setelah di survey, sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi ini dibanding lembaga lain seperti bisnis. Sebuah survey mengatakan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan komputer. Komputer hanya digunakan untuk kegiatan yang biasa, bukan untuk pembelajaran yang konstruktif dan aktif.  Banyak guru tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan komputer, dan banyak sekolah yang tidak memberikan workshop atau pelatihan kepada guru-guru tersebut, hal ini menyebabkan sekolah tersebut menjadi ketinggalan zaman, dan tidak mampu mengajarkan cara memanfaatkan teknologi kepada siswa-siswanya.


Internet

Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia dan menyediakan informasi-informasi yang dapat sangat mudah diakses oleh orang banyak terutama oleh siswa.


World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet.


Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.


Email adalah pesan yang dapat dikirim dan diterima dalam bentuk surat elektronik dari individu atau dari banyak individu sekaligus.


Teknologi dan Diversitas Sosiokultural

Dalam sebuah studi oleh National Association of Educational Progress, hampir sepertiga dari murid Kulit Putih memiliki komputer sendiri, sedangkan murid Lation dan Afrika Amerika hanya sebesar seperlima. Dan keluarga dengan murid lelaki lebih mungkin memiliki komputer sendiri ketimbang keluarga yang punya murid perempuan.



Beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer:

Ø  Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender,kultural, etnis.

Ø  Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif

Ø  Beri informasi tentang pakar yang memiliki latar belakang gender dan etnis yang berbeda

Ø  Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer di rumah.



Standar untuk murid yang ‘melek teknologi’


Pra taman kanak-kanak sampai grade dua

  • ·         Gunakan alat input dan output untuk mengoperasikan komputer

  • ·         Gunakan variasi media

  • ·         Gunakan sumber daya multimedia yang pas

  • ·         Kerjasama dengan orang lain saat menggunakan teknologi

  • ·         Gunakan sumber daya teknologi untuk pembelajaran

  • ·         Tunjukkan perilaku etis dan sosial yang positif saat menggunakan teknologi


Grade 3 sampai 5

  • ·         Gunakan keyboard dan alat input output lain secara efektif

  • ·         Diskusikan dalam kehidupan sehari-hari dan keuntungan dan kerugian

  • ·         Gunakan telekomunikasi secara efektif untuk mengakses informasi di tempat yang jauh

  • ·         Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama

  • ·         Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.


Grade 6 sampai 8

  • ·         Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari

  • ·         Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap masyarakat

  • ·         Desain, kembangkan, publikasikan dan paparkan produk



Grade 9 sampai 12

  • ·         Identifikasikan kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi

  • ·         Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola informasi personal

  • ·         Gunakan informasi online secara rutin

  • ·         Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset dalam pembelajaran materi



Masa Depan ‘Komputer ada dimana-mana’

Sekarang ini kita berada di era komputer pribadi. Dimana satu orang punya satu komputer. Bebrapa pakar komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya akan berupa ubiquitos computing yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan ketimbang ke personal. Ringkasnya, ubiquitos computing akan berupa dunia pasca-PC. Perangkat teknologi umum seperti telepon akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana dilingkungan yang terkoneksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar